Parepare Membangun Dunia

img_20170224_094327Parepare tengah memperingati hari jadi yang ke-57 dengan suasana yang meriah. Pemerintah kota menggelar acara pameran dengan mendatangkan artis ibu kota disambut antusias oleh Masyarakat kota Parepare.

Sejumlah peresmian proyek prestisius juga menjadi agenda peringatan Hari Ulang Tahun Parepare (22/2/2017) sekaligus menjadi bukti bahwa kota kelahiran Habibie ini terus berbenah untuk maju. Dari sekian banyak pembangunan dan penghargaan yang diperoleh pemerintah, tidak sedikit pula opini yang sangsi dan memberikan pandangan negatif.

Terlalu banyak cerita mengenai Kota Parepare dan dinamikanya, namun bagi penulis sangat sedikit yang mau bercerita apa adanya. Komentar-komentar yang bertebaran di media sosial misalnya, tidak bijak jika diambil sebagai rujukan untuk mengukur sejauh mana capaian pembangunan kota Parepare.

Pembangunan Berkelanjutan
Dari beberapa orang yang pernah ditemui penulis, pembangunan kota Parepare saat ini dianggap bagian dari proyek politik pencitraan pemerintah. Bahwa pemerintah kota membangun banyak infrastruktur bukan berdasarkan kebutuhan melainkan ambisi gaya politik mercusuar.

Hal inilah yang mendorong penulis untuk mencoba mencari tahu sejauh mana komitmen pemerintah kota dalam pembangunan berkelanjutan sebagaimana dalam Sustainble Development Goals (SDGs) yang menjadi kesepakatan dalam forum resolusi Persyarikatan Bangsa Bangsa (PBB).

SDGs atau Global Goals adalah target kolektif untuk memastikan bahwa pembangunan bersifat berkelanjutan atau ramah terhadap aspek sosial dan lingkungan disamping tetap memastikan pertumbuhan ekonomi.

Dampak yang diharapkan dari SDGs pada prinsipnya adalah pengurangan kemiskinan, pembangunan berkelanjutan yang merata, mata pencaharian dan pekerjaan layak, akses merata kepada pelayanan dan jaminan social, keberlanjutan lingkungan dan mempertinggi ketahanan terhadap bencana, pemerintahan yang ditingkatkan kualitasnya dan akses merata kepada keadilan bagi semua orang.

Adapun yang termasuk dalam tujuan SDGs adalah :
1. Menghapuskan Kemiskinan
2. Menghapuskan Kelaparan
3. Hidup Sehat
4. Pendidikan Berkualitas
5. Kesetaraan Gender
6. Air Bersih dan Sanitasi
7. Energi yang bisa diperbarui dan.
8. Ekonomi dan pekerjaan yang baik
9. Inovasi dan infrastruktur yang baik
10. Mengurangi kesenjangan
11. Kota dan komunitas yang berkesinambungan
12. Memastikan pola-pola konsumsi dan produksi yang berkesinambungan.
13. Mengambil tindakan mendesak untuk memerangi perubahan iklim dan pengaruhnya.
14. Melestarikan dan menggunakan samudra, laut, dan sumber-sumber daya maritim secara berkesinambungan untuk pengembangan yang lestari.
15. Penggunaan tanah yang berkesinambungan
16. Kedamaian dan Keadilan
17. Kemitraan untuk pengembangan

Parepare Membangun Dunia
Dari sekian banyak tujuan dan target SDGs, pemerintah tentu telah banyak melakukan banyak hal dan menunjukkan keseriusannya dalam memajukan kota Parepare dan masyarakatnya. Kita juga dengan mudah bisa memberikan penilaian bahwa masih banyak target-target pembangunan yang belum terpenuhi secara merata, seperti ketersediaan air bersih dan pekerjaan yang layak misalnya bagi masyarakat kota Parepare.

Namun tak kalah penting untuk diketahui bahwa pembangunan berkelanjutan bukanlah tanggung jawab pemerintah semata. Diperlukan keterlibatan aktif komponen-komponen masyarakat, korporasi, Civil Society atau komunitas-komunitas. Partisipasi masyarakat menjadi pilar strategis dalam agenda pembangunan berkelanjutan.

Kota Parepare lewat pemerintahan yang bersinergi dengan masyarakat adalah modal besar untuk mencapai pembangunan yang merata. Pemerintah kota tidak boleh dibiarkan membangun sendirian tanpa andil masyarakatnya.

Mengkritik pemerintah adalah sebuah keniscayaan dalam dinamika kepemimpinan, namun harus berangkat dari itikad baik untuk memajukan daerah secara bersama-sama. Penulis yang juga aktif dalam Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedeqah Muhammadiyah merasakan betul betapa pentingnya untuk bersinergi.

Kepeduliaan umat dan masyarakat dalam berinfaq dan membayar zakat merupakan bukti kepedulian untuk mendorong pembangunan yang partisipatif, memerangi kemiskinan lewat upaya pemberdayaan. Lazismu adalah Lembaga Zakat nasional yang secara resmi telah dikukuhkan oleh Kementerian Agama sekaligus menjadi Lembaga Zakat dengan jumlah perolehan dan pendayahgunaan terbanyak pada tahun 2017.

Terakhir, Bisakah Parepare membangun dunia? Jawabannya tentu saja bisa. Sejarah telah mencatat bahwa BJ. Habibie sebagai putra kelahiran Parepare adalah tokoh penting dunia yang menjadi cendekiawan fenomenal.

Penulis mengajak pemuda dan masyarakat kota Parepare untuk bergabung bersama kami dalam aksi memberi untuk negeri lewat program strategis zakat, Infaq dan Sedeqah. Kita perlu untuk bekerja sama untuk mengantarkan putra putri kota Parepare menjadi generasi yang cerdas dan berdedikasi tinggi lewat pendidikan yang layak.

Tulisan ini diterbitkan oleh Inspiratif News pada hari Kamis, 23 Februari 2017
http://inspiratifnews.com/parepare-membangun-dunia-memperingati-hut-ke-57-tahun/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s