Melacak Relevansi Akal dengan Al Qur’an

Quran2Al Qur’an yang dijadikan pedoman bagi umat Islam hari ini banyak diperhadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan seputar sekularisme, lebih terkhusus lagi diseputaran muslim kampus. Yakni relevansinya dengan konteks keduniawiaan manusia yang bersifat dinamis. Bahkan ada pemikiran yang berkembang menilai konteks yang diceritakan dalam Al Qur’an tidak sesuai lagi dengan kebutuhan manusia kontemporer.

Sikap kritis seperti diatas tidak lahir tanpa alasan, tapi atas refleksi mereka melihat kondisi Islam yang terbelakang khususnya dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini juga telah diungkapkan dengan jujur oleh banyak tokoh barat, sebut saja Samuel P.Huntinton yang menguraikan dengan gamblang bagaimana dunia barat memiliki ambisi yang kuat untuk menaklukkan Islam lewat berbagai macam perang. (Baca : Perang Pemikiran).

Respon yang lahir dari Islam sendiri sangat beragam, ada yang mengambil sikap inferior dengan mengabaikan kompleksitas persoalan manusia dan memilih berkhidmat pada persoalan yang transenden. Ada juga kelompok yang mencoba liberatif dengan berupaya mengeluarkan Islam dari ritus dan kejumudan. Hal itu yang menjadi semangat pembaharuan Islam seperti yang dilakukan oleh Muhammadiyah. Kesadaran untuk memajukan Islam lewat Ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini dapat dilihat lewat ungkapan salah seorang tokoh pembaharu Muhammad Abduh, bahwa “Al Islam mahjubun bi I-Muslimin” (Islam tertutup oleh perbuatan yang dilakukan karena ketidakmampuan orang muslim itu sendiri).

Iklan

One thought on “Melacak Relevansi Akal dengan Al Qur’an

  1. Ping-balik: tafsirilmu | Melacak kembali Relevansi Akal dengan Al Qur’an

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s