Dakwah Berbasis Teknologi Infomasi

Quran-Beautiful-WallpaperPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan pada dunia termasuk peran agama. Islam adalah agama yang selalu relevan di setiap masa dan tempat (Shalih likulli zaman wa makan). Umat Islam selalu ditantang bagaimana mensintesakan keabadian wahyu dengan kesementaraan zaman. Teknologi Informasi merupakan salah satu terobosan peradaban yang meghadirkan media baru dalam penyebaran informasi dan pengetahuan.

Perkembangan informasi dan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk berdakwah, sebagai respon aktif dan kreatif umat Islamterhadap perkembangan zaman. Dakwah berbasis TI perlu dikembangkan karena dapat dilakukan melintasi batas ruang dan waktu serta memiliki cakupan geografis yang lebih luas bila dibandingkan dengan dakwah konvensional.

Useless Gravity Theory menggambarkan bahwa sesungguhnya penonton atau pembaca sebuah media adalah pemegang kekuasaan / kekuatan. Meskipun media yang berkembang sangat banyak dan beragam, informasi yang akan diterima hanyalah yang disenangi oleh pembaca. Teori Efek Jarum Suntik adalah, semua media dengan segala perbedaanya pada prinsipnya sama saja. Dengan menyebarkan informasi kepada masyarakat, dengan sendirinya akan terpengaruh sekalipun tidak banyak.

Konsep Dakwah Berbasis TI :
1. Dakwah berbasis TI adalah dakwah dengan bantuan teknologi informasi terutama internet.
2. Dakwah melalui radion, televise, film, surat kabar.
3. Dakwah melalui media sosial

Manfaat dakwah berbasis TI :
1. Memperluas jangkauan dakwah
2. Menampilkan wajah Islam yang sesungguhnya
3. Membangun citra Islam

Teknologi Informasi terobosan peradaban yang meghadirkan media baru dalam penyebaran informasi dan pengetahuan. Untuk itu dakwah berbasis teknologi informasi perlu dikembangkan untuk menjawab kebutuhan umat sebagai manusia yang hidup pada zaman modern.

*Tulisan ini merupakan isi ceramah yang disampaikan oleh Dr. H. Usman Jasad, S.Ag.,M.Pd

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s