Aku dan Golongan Darah

Jam 6:00 pagi hapeku berbunyi nyaring, biasanya panggilan sepagi ini pasti sesuatu yang cukup penting. Dan saat kujawab diujung telinga terdengar suara perempuan. “Halo assalamu’alaikum, dengan bapak Muhammad Ramdhan?”. Dia meminta bantuan, saudarinya tengah menjalani operasi di RSU Andi Makkasau karena melahirkan dan butuh transfusi darah. Meski tidak kenal dan cara memintanya terbilang kurang sopan, jawabku “iya tunggu”.

Setelah AB, golongan darah A sering dan paling sulit didapatkan. Selain karena kesadaran orang semakin berkurang untuk mendonorkan darahnya akibat suburnya sikap individualis dan pragmatis. Aku tidak pernah lagi berpartisipasi dalam acara donor darah massal yang biasanya digelar dikampus dengan dua alasan.

Pertama, Jika dilakukan bersama banyak orang tentu dikerjakan dalam waktu cepat. Sementara transfusi darah butuh kehati-hatian dan tempat yang steril. Waktu pertama kali, aku langsung jatuh sakit. Menderita cacar membuatku harus istirahat hingga sepekan dirumah. Saya percaya mendonorkan darah merupakan hal yang sehat, tapi mesti dilakukan dengan cara yang benar agar tidak menimbulkan efek sampng.

Kedua, bank darah milik PMI menyimpan kantong-kantong darah dalam waktu yang terbatas, juga saya curiga ada oknom yang melakukan tindak komersialisasi. Maksudnya adalah, petugas menjual hasil donor darah kita kepada pasien yang butuh. Alasan yang kedua ini memang bersifat dugaan semata. Tapi bagiku, menunggu saat dibutuhkan untuk mendonor juga pilihan yang tepat.

Oh iya, saat ini aku sedang menunggu. Tadi jam7 tensi darah belum cukup 100/detik. Mungkin karena baru bangun tidur,meski pagi tadi sudah berolahraga dengan bersepeda tetap saja harus bersabar. Doakan ya πŸ™‚

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s