TOLAK RUU ORMAS

Aksi damai di depan kampus UU Universitas Muhammadiyah Parepare

Aksi damai di depan kampus UU Universitas Muhammadiyah Parepare

Menyikapi rencana DPR untuk mengesahkan Rancangan Undang-Undang Organisasi Massa disikapi dengan aksi penolakan oleh berbagai elemen organisasi dan mahasiswa, ratusan mahasiswa Muhammadiyah kota Parepare.,

  1. Berdasarkan bunyi pasal 28, pasal 28C ayat 2 dan pasal 28J UUD NRI 1945, maka RUU ORMAS yang dimaksud tidak mempunyai syarat materil dan formil yang jelas untuk dijadikan sebagai aturan Hukum.
  2. RUU Ormas inkonstitusional; bertentangan dengan UUD 1945 pasal 28 memasung kebebasan berserikat sebagaimana ditunjukkan dalam pasal-pasal yang mengatur tentang persyaratan pendirian, perizinan dan hal-hal yang bersifat internal
  3. RUU Ormas alat represi dan rezim otoriter, karena memberikan otoritas yang terlalu kuat kepada pemerintah dan membuka jalan bagi kembalinya rezim pemerintahan yang represif dan menindas kelompok-kelompok yang kritis terhadap kebijakan pemerintah, dan melemahkan peran masyarakat sipil sebagai kekuatan kontrol pemerintahan dan penegakan hukum.
  4. RUU Ormas anti kemajemukan, karena memiliki tendensi kuat yang mengarah kepada penyeragaman, tidak pro kepada kemajemukan, dan potensial menimbulkan perpecahan di masyarakat dan RUU Ormas diskriminatif, karena menjadikan peran partai politik sebagai panglima.
  5. RUU Ormas disharmoni, karena Pasal 11 RUU Ormas berbenturan dengan Pasal 18 Ayat 2 huruf b UU No.23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Keduanya saling melengkapi untuk menimbulkan kekhawatiran tentang kemungkinan Lembaga Amil Zakat (LAZ) dibekukan, dsb.
    Berdasarkan alasan-alasan tersebut di atas maka kami menyatakan menolak dan menuntut DPR dan Pemerintah kami dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah se-SULAWESISELATAN dan BARAT menyatakan sikap sebagai berikut:Pernyataan sikap:

    1. RUU Ormas dianggap tdak urgen untuk disahkan.
    2. Meminta kepada DPR dan pemerintah untuk menghentikan pembahasan dan pengesahan RUU Ormas.
    3. Menolak RUU Ormas, kami Menolak kembalinya otoriter dan dictator.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s