The Nine Golden Habbits

Siluet Ikhwan - ilustrasi curhat cinta dan perjuangan

Assalamu alaikum wr wb, Alhamdulillah kemarin malam (2/7/2012) saya sempat mengikuti pengajian oleh majelis Tabligh PP Muhammadiyah via streaming yang dibawakan oleh ayahanda Dr. H Agus Sukaca M.Kes. Inti ceramah beliau adalah bagamana membangun jamaah dan pribadi muslim yang tangguh. berikut sembilan poin penting yang baik untuk kita biasakan dalam upaya membangun karakter yang tangguh.

The Golden Habbits :

  1. Kebiasaan Shalat
    Melaksanakan shalat wajib di awal waktu dan berjamaah ditambah dengan tidak melupakan shalat sunnah rawatib, diusahakan membiasakan untuk mendirikan shalat lail (malam) disepertiga malam terakhir dan kalau mampu mendirikan shalat dhuha pada pagi hari. Bagi saya kekusyukan shalat hanya didapat jika shalatnya pada awal waktu apalagi kalau berjamaah, shalat yang ditunda-tunda sama saja tidak shalat,
  2. Kebiasaan Puasa
    Membiasakan berpuasa (sunnah) pada hari senin dan selasa atau jenis puasa lainnya yang dituntunkan oleh Rasullullah, Puasa dapat memberikan manfaat yang sangat banyak. apalagi bagi kita yang sebagai anak kost yang perlu menekan biaya makan, ditambah puasa dapat menekan gejolak nafsu bagi mereka yang sudah dewasa umurnya.
  3. Kebiasaan berzakat, Infaq dan Sadaqah
    Mengeluarkan sebagian harta sebesar 2,5% dari jumlah pendapatan, tapi bagi mahasiswa seperti saya sepertinya masih sulit untuk mengamalkan kebiasaan ketiga ini, heh
  4. Kebiasaan membaca Al Qur’an
    Senantiasa membaca (tadarrus) Al Qur;an pada waktu-waktu tertentu, seperti setelah shalat magrib dan subuh. Al Qur’an adalah kalimat tayyibah, sehingga dengan membacanya akan memberikan dampak baik, menenangkan hati. karena sesungguhnya kemampuan memebaca Al Qur’an kita sangat dipengaruhi seberapa sering kita membacanya, semakin sering maka akan semakin lancar begitupun sebaliknya.
  5. Kebiasaan membaca buku
    Membaca buku juga penting, kita perlu meluangkan waktu sekitar 60 menit setiap hari untuk menambah wawasan, termasuk dalam hak keislaman, agar antara iman dan Ilamu etrdapat keseimbangan.
  6. Kebiasaaan beradab Islami
    Dimanapun kita berada, apapun aktivitasnya sebisa mungkin untuk bersikap baik, memperlihatkan pribadi muslim yang anggun. bukankah Rasul diutus untuk menyempurnakan akhlaq manusia?
  7. Kebiasaan mengaji
    Mengaji dalam artian berkumpul dengan orang shaleh, menggelar pengajian yang dijadwalkan rutin setiap minggu, tema yang dibahas bisa membedah ayat Al Qur’an atau lainnya.
  8. Kebiasaan berkata baik
    Berkata baik adalah hal yang sederhana namun sulit dilakukan, dengan menjaga amal perakataan yang dzalim dan mencela. usahakan agar senantiasa memberikan kemanfaatan meskipun dengan perkataan, seperti Rasulullah yang dalam bercandanya tidak berlebihan dan tertawanya hanya dengan senyuman.🙂
  9. Kebiasaan berpikir positif dan senyum
    Menjadi solusi dalam setiap permasalahan, tampil dengan seyuman agar menjadi inspirasi bagi orang lain. Yach, senyum adalah ibadah. semangat !!

 

2 thoughts on “The Nine Golden Habbits

  1. Assalamu alaikum mas broo.. salam kenal dari saya andy blog pemula,, masih ngotak ngatik juga nich.. masbroo,, sepertinya thema blog kita sama yakk.. klo boleh minta diajarin nampilin tombol like FB saya coba blm bisa nich broo.. thanks salam

    • Salam kenal, Untuk tampilan Fan page Facebook caranya sangat mudah bang. Cukup pilih Widget yang disediakan kemudian Insert link Facebooknya….

      ini langkah2NYA :
      1. Log In dulu
      2. Klik Widget
      3. Pilih Facebook like box
      4. Insert link faceboknya. Contoh “https://www.facebook.com/MrdhansBlog”
      5.Simpan

      Selamat mencoba, trimah kasih kunjungannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s